Artikel tentang “Mengenal Inflasi dan Deflasi”

Mengenal Inflasi dan Deflasi

Pernah ga sih ngerasa kalo harga barang yang biasa kita beli suka berubah-ubah? Kira-kira kalian penasaran ga sih apa penyebabnya? Pada dasarnya harga barang-barang yang biasa kita beli dipengaruhi oleh inflasi dan deflasi yang terjadi di suatu negara. Apa sih inflasi dan deflasi itu? Mari kita bahas bersama.

Inflasi adalah naiknya harga barang dan jasa secara umum yang disebabkan suatu hal, seperti meningkatnya konsumsi masyarakat, banyaknya persediaan uang yang beredar di masyarakat, hingga ketidaklancaran dalam pendistribusian barang. Inlfasi ini menyebabkan turunnya nilai tukar uang yang berimbas pada kenaikan barang-barang umum.

Deflasi merupakan kebalikan daripada inflasi. Deflasi adalah keadaan dimana harga barang-barang dan jasa secara umum jatuh dan nilai tukar uang menguat. Mungkin deflasi terdengar sebagai suatu hal yang bagus, khususnya kita para mahasiswa yang rata-rata isi dompetnya pas-pasan. Namun, perlu diketahui deflasi menyebabkan kerugian pada perusahaan-perusahaan yang memaksa mereka melakukan pengurangan pegawai, bahkan berdampak kepada para petani yang menyediakan beras sebagai makanan pokok kita.

Inflasi dan deflasi tidak boleh terjadi secara terus menerus. Meski demikian, inflasi dan deflasi tetap dibutuhkan untuk menjaga kestabilan harga barang dan jasa (tidak terlalu murah atau terlalu mahal). Lebih jauh, inflasi dan deflasi dibutuhkan agar perusahaan-perusahaan tidak mengalami kerugian dan tetap berinvestasi agar menunjang pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Untuk mengantisipasi inflasi, pemerintah akan mengeluarkan kebijakan untuk membatasi uang yang beredar di masyarakat, contohnya dengan memberi intruksi kepada bank agar menaikkan nilai suku bunga untuk menarik minat masyarakat menabung di bank. Kita juga dapat ikut berperan dalam mengantisipasi terjadinya inflasi, yaitu dengan menahan keinginan kita untuk membeli barang atau jasa. Dan kebalikannya, pemerintah akan mengintruksikan bank untuk menurunkan nilai suku bunga agar masyarakat menarik kembali uang yang dititipkan kepada bank untuk mengantisipasi terjadinya deflasi.

Jadi, perubahan harga dipengaruhi oleh inflasi dan deflasi yang terjadi. Inflasi dan deflasi dapat diatasi dengan beberapa kebijakan. Dan kita dapat ikut serta membantu pemerintah mengatasi inflasi dan deflasi. Semoga kita semakin bijak dalam mengelola uang yang kita punya agar tidak menyebabkan inflasi atau deflasi yang berlebihan.

 

oleh: Amellya Pratica

Tinggalkan Balasan