Artikel tentang “Mengapa Bank Konvensional lebih banyak digunakan dari pada Bank Syariah”

Mengapa Bank Konvensional Lebih Banyak Digunakan Dari pada Bank Syariah

 

Dalam sistem perbankan di Indonesia terdapat dua macam sistem operasional perbankan, yaitu bank konvensional dan bank syariah. Sesuai UU No. 21 tahun 2008 tentang Perbankan Syariah, Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, atau prinsip hukum islam yang diatur dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia seperti prinsip keadilan dan keseimbangan (‘adl wa tawazun), kemaslahatan (maslahah), universalisme (alamiyah), serta tidak mengandung gharar, maysir, riba, zalim dan obyek yang haram.

Beberapa faktor menyebabkan kurangnya minat masyarakat menggunakan Bank Syariah salah satunya Kurangnya sosialisasi mengenai perbankan syariah kepada masyarakat umum dan kebanyakan masyarakat hanya tahu mengenai bank Konvensional. Lalu karena Bank Konvensional mudah ditemui seperti cabang kantor bank lebih banyak, ATM lebih mudah dijumpai serta kemudahan dalam bertransaksi yang dapat menciptakan kemudahan bagi masyarakat yang berada jauh dari kota. Kurangnya SDM yang terdapat dalam bank syariah menyebabkan kurangnya pengetahuan kepada masyarakat mengenai Riba dan sistem Bagi Hasil yang diterapkan dalam perbankan syariah. Dan Berdasarkan data Statistik Perbankan Syariah (SPS) dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kondisi pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) dalam perbankan syariah memang jauh lebih tinggi dari konvensional yang dapat mempengaruhi profit tersebut.

Menurut pendapat saya Bank Konvensional memang lebih unggul dari beberapa sektor seperti nasabah, aset, pendapatan, serta kemudahan dalam bertransaksi dan masyarakat sejak dulu sudah mengetahui mengenai sistem bunga.

Sedangkan Bank Syariah memang tertinggal dalam beberapa sektor tetapi dalam perkembangannya berdasarkan statistik pertumbuhan nasabah , perbankan syariah mengalami peningkatan setiap tahunnya yang dikeluarkan oleh badan stastistik perbankan syariah dan karena sektor pasar Mayoritas masyarakat Indonesia Muslim ,peluang ini dapat membuat perbankan syariah dapat mengusai pasar. Diharapkan Perbankan syariah dapat melakukan evaluasi, dan sosialisasi lebih mendalam mengenai masalah tersebut. Karena baik bank konvensional maupun bank syariah keduanya memiliki tujuan untuk memberikan pelayan dalam pendanaan dan pembiayaan yang terbaik kepada masyarakat.

 

Oleh : Mitha Intan Wulandari

 

Tinggalkan Balasan